Bakal Resmi Masuk Indonesia Seperti Ini Spesifikasi Dan Harga Xiaomi Poco F1



    Dormatekno.com - Ponsel flagship fenomenal POCO F1 resmi melenggang ke publik melalui acara peluncuran di India.

Yang lebih menarik lagi rencananya POCO F1 akan tersedia di Indonesia secara resmi.

Untuk diketahui POCO atau secara global disebut POCOPHONE adalah sub-brand baru dari perusahaan Xiaomi untuk mendobrak pasar internasional.

Menyandang titel flagship POCO F1 memiliki spesifikasi papan atas yang tidak kalah dari ponsel flagship lain.


POCO F1 memiliki layar IPS LCD sebesar 6.18 inci beresolusi Full HD+ 2246 x 1080 piksel, aspek rasio 18,7: 9, rasio screen-to-body 82.2%, kerapatan piksel 403 ppi, serta dilindungi oleh kaca corning gorilla glass.

Layar tersebut memiliki tingkat kecerahan sampai 500-nits, dan memiliki kontras rasio tinggi sebesar 1500:1.


Di bagian jidat layar terdapat notch yang difungsikan sebagai kompartemen komponen infrared face unlock, infrared lighting, proximity sensor, earpiece dan kamera depan.

Fitur infrared face unlock diatas memiliki kemampuan membuka ponsel hanya dalam waktu 0,4 detik bahkan dalam keadaan gelap layaknya Mi 8.

Sebagai opsi keamanan lainya POCO F1 juga dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari biometrik di panel belakang di bawah dual kamera utama.

Bodi POCO F1 terbuat dari material polycarbonate dengan alasan untuk menekan biaya produksi. Walaupun begitu POCO memperkuat strukturnya dengan rangka internal.

Ada 3 varian warna yang tersedia yaitu Graphite Black, Steel Blue dan Rosso Red. (Baca juga: Resmi Memisah Dari OPPO, Realme Bersiap Meluncurkan Realme 2 Sebagai Ponsel Pertamanya)

Terdapat pula edisi khusus dari POCO F1 yang disebut Armored Edition yang terbuat dari Kevlar Aramid Fiber, bahan yang memiliki durabiliti tinggi yang digunakan untuk membuat rompi antipeluru.

POCO F1 yang mengusung tagline Master of Speed dibekali dengan chipset Qualcomm seri tertinggi untuk saat ini.


Chipset tersebut tentunya adalah Snapdragon 845 dengan AIe 845 yang memiliki clockspeed hingga 2.8 Ghz dengan GPU Adreno 630.

Chipset diatas dipasangkan dengan RAM LPDDR4X hingga 8 GB dan internal memori UFS 2.1 hingga 256 GB. Tersedia pula slot microSD bertipe hybrid untuk ekspansi kapasitas penyimpanan.

Untuk menjaga suhu chipset saat bekerja pada performa puncak, chipset tersebut disandingkan dengan pendingin berteknologi LiquidCooling yang dapat mempercepat pembuangan panas sampai 300%.

Dengan spesifikasi demikian POCO F1 mampu mencatatkan skor benchmark AnTuTu yang mengesankan sebesar 291,302.

Smartphone Poco F1 ditanamkan baterai 4.000 mAh yang membawa dukungan untuk Quick Charge 3.0.

Versi OS yang dijalankan adalah Android 8.1 Oreo kustomisasi MIUI 9.2 yang disesuaikan lagi dengan versi POCO F1 seperti POCO Launcher dan Turbocharged engine untuk kinerja cepat dan lancar.


Pada soktor kamera, POCO F1 memiliki dual kamera utama dengan sensor Sony IMX363 12 MP f/1.9 1,4 mikron yang dipasangkan dengan kamera sekunder 5 MP, f/2.0, 1.12 mikron yang berfungsi sebagai sensor kedalaman.

Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur seperti Dual Pixel Autofocus, fotografi AI real-time dan flash dual-LED.

Sementara disisi depan terdapat kamera selfie 20 MP, f/2.0, 0.9 mikron yang juga didukung oleh AI untuk menangkap foto selfie yang diperbagus.

Sensor kamera utama primer dan kamera selfie tersebut adalah kamera yang sama dengan kamera yang digunakan pada flagship Mi 8.

Banderol harga POCO F1 di negara India adalah sebagai berikut:

6/64 - Rs. 20.990 Rp 4,4juta
6/128 - Rs. 23.999 Rp 5juta
8/ 256 - Rs. 28.999 Rp 6,1juta
8/256 - Rs. 29.999 Rp 6,3juta (Armored Edition)

Besar kemungkinan POCO F1 akan masuk secara resmi ke Indonesia dan jika benar demikian hampir bisa dipastikan harganya tidak akan jauh dari harga di India.


Namun tidak diketahui kapan POCO F1 akan melenggang di Indonesia, tapi buat kalian yang gak sabar pengen meminang POCO F1 lebih awal kalian bisa cek di beberapa e commerce Indonesia yang biasanya akan lebih cepat menyediakan unit-nya.

Muhamad Arip

Superhero-mu | follow @aripcage

7 Komentar

Berikan Komentar Anda!

  1. Mas, kira2 mi8 explorer edition masuk indonesia gak ya? Saya liat poco kok jadi bimbang lagi. Lebih baik mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih lebih percaya seri MI,,sama saja dengan seri A dan S di samsung sudah pasti bagusan seri S

      Hapus
    2. Masuk Indonesia sih pasti, tapi biasanya seri Mi lewat distributor. Kalau pertimbangan kawan adalah garansi saya sarankan buat pilih hp resmi, poco nantinya bakalan masuk resmi kok. Tapi kalau soal spek ya jelas unggul Mi 8 EE.

      Hapus
  2. Makasih Mas buat masukan nya. Gak ragu lagi memilih Mi 8 EE.

    BalasHapus
  3. Apakah skin nya juga bakal di resmikan di indonesia?

    BalasHapus
  4. Kalau Krus Indonesia berapa ya min?

    BalasHapus