Resmi Dirilis Bagaimana Spesifikasi Dan Harga Xiaomi Mi 8?



    Dormatekno.com - Xiaomi Mi 8 telah resmi diluncurkan, mengkonfirmasi sebagian besar rumor yang beredar.

Ini adalah ponsel Xiaomi resmi pertama dengan notch pada layar yang dapat disamarkan melalui software.

Notch ini digunakan sebagai kompartemen kamera depan, earpiece, sensor proximity, dan juga modul face scaner berbasis infra red.


Face scaner berbasis infra red tersebut tidaklah seakurat 3D Face Scanner milik iPhone X dan juga Mi 8 Exploler Edition.

Untuk itu Mi 8 dibekali dengan sensor pemindai sidik jari di panel bagian belakang.

Mi 8 adalah flagship yang spesial karena dirilis sebagai ponsel untuk perayaan ulang tahun ke-8 perusahaaan.

Karena itu Mi 8 memiliki beberapa versi lain diantaranya Mi 8 SE (Special Edition) dan juga Mi 8 Exploler Edition.

Mi 8 SE adalah versi yang lebih rendah sedangkan Mi 8 Exploler Edition adalah versi atasnya.

Singkatnya, Mi 8 SE memiliki penurunan pada hardware, ukuran layar dan bodi, serta absennya face scaner berbasis infra red.


Sedangkan Mi 8 Exploler Edition memiliki fitur tambahan pemindai sidik jari di balik layar serta panel belakang hitam semi transparan yang akan memperlihatkan dapur pacunya.

Mi Exploler Edition juga menawarkan fitur 3D Face Scanner layaknya iPhone X seperti yang telah disebutkan sebelumnya.


Untuk lebih detilnya akan kami bahas di artikel lain. ( Baca juga: Xiaomi Rilis Sampel Kamera Mi 8 )

Kembali ke Xiaomi Mi 8, flagship Xiaomi terbaru tersebut hadir dengan kamera ganda Sony IMX363 12 MP (f / 1.8, 1.4μm) + Samsung S5K3M3 12 MP (f / 2.4, 1.0 µm), kamera utama yang kedua adalah kamera tele.


Kamera ganda tersebut mempunyai fitur 4-axis OIS, Dual Pixel Autofocus, dan video editing.

Serta dilengkapi dengan fitur AI semisal AI Potrait dan AI Scene Detection untuk menyediakan fitur lebih dari 200 adegan dan memproses 4-in-1 pixel binning untuk hasil yang lebih baik saat kondisi minim cahaya.

CEO Xiaomi, Lei Jun dengan bangga menyatakan bahwa ponsel ini memperoleh rating poin 99 secara keseluruhan pada DxOMark, lebih dari skor Xiaomi Mi Mix 2s yang memperoleh hasil 97 dan juga iPhone X.


Kamera tersebut juga memiliki fitur AI-enhanced portrait photography yang pertama kali kita lihat pada iPhone X tahun lalu.

Untuk kebutuhan selfie terdapat kamera 20 MP dengan aperture f / 2.0 dan juga didukung AI dengan AI portrait selfies dan AI Beautify. Terdapat pula sensor face detection dalam satu kompartemen namun tidak digunakan/mendukung untuk fitur selfie.

Pada sektor dapur pacunya tidak ada yang mengejutkan karena spesifikasinya hampir sama dengan yang sudah dirumorkan sebelumnya.

Mi 8 ditenagai oleh chipset Snapdragon 845, yang menghasilkan skor sebesar 301,472 pada Antutu.

Jika hasil tersebut benar, maka itu akan menjadi skor tertinggi yang pernah dicapai pada platform benchmark Antutu.

Terdapat 3 varian masing - masing 6/64 GB, 6/128 GB, dan 6/256 GB.


Kapasitas baterainya sebesar 3,400 mAh dengan dukungan Quick Charge 4.0+ dan berjalan pada Android 8.1 Oreo kustomisasi MIUI 10.

Pada bagian layar memiliki lebar 6,21 inci dan menggunakan panel Samsung AMOLED dengan rasio 18,7: 9, resolusi Full HD+ 2248 x 1080 piksel, serta rasio screen-to-body 88.5%.



Layar AMOLED tersebut dilengkapi dengan fitur seperti DCI-P3 color gamut, kontras rasio 60000: 1, kecerahan hingga 600nits, dukungan HDR, mode pelindung mata, dan Always-On Display.

Seperti halnya Xiaomi Mi 6 yang meniadakan Jack audio 3,5 mm pada tahun 2017, pun demikian dengan Mi 8 yang meneruskan hal tersebut dan menggantinya dengan USB-C multifungsi.

Xiaomi Mi 8 dikatakan sebagai smartphone pertama dengan Dual GPS.

Ponsel ini memadukan frekuensi L1 tradisional, yang digunakan pada telepon lain dengan frekuensi L5, yang banyak digunakan pada industri penerbangan.

Hal tersebut membuat layanan berbasis lokasi seperti navigasi lebih akurat dari sebelumnya.



Di negara asalnya Mi 8 akan dijual dengan harga mulai dari Rp 5,8 juta untuk versi 6/64 GB, Rp 6,5 juta untuk versi 6/128 GB, sedangkan versi termahal 6/256 GB memiliki harga Rp 7,1 juta. 



Terdapat 4 varian warna yaitu hitam, biru, gold, dan putih.

Mi 8 mulai didistribusikan tanggal 5 Juni ketika Xiaomi Mi 8 muncul di Toko Mi online dan offline serta retail resmi seperti Brookstone dan Suning.

Sedangkan Exploler Edition hanya akan memiliki satu varian dengan 8 GB RAM dan 128 GB internal memori yang dibanderol dengan harga Rp 8,2 juta dan mulai dijual sebulan kemudian.

Muhamad Arip

Superhero-mu | follow @aripcage

2 Komentar

Berikan Komentar Anda!

  1. belum ada yang jual ya? mi 8 explorer edition?

    BalasHapus
  2. Udah resmi garansi indo apa blm sih? Kan sekarang ada sistem blokir imei?

    BalasHapus