Kerjasama Tanpa Uang Apple dan OpenAI, Hadirkan Fitur Baru di iOS 18 dan macOS Sequoia



    Dormatekno.com - Pada acara WWDC tahun ini, Apple mengumumkan kemitraannya dengan OpenAI untuk memanfaatkan model ChatGPT-4o guna mendukung berbagai fitur di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia. Menariknya, menurut laporan dari Bloomberg, tidak ada pertukaran uang dalam kesepakatan ini antara Apple dan OpenAI.


Apple dan OpenAI Tanpa Keuntungan Finansial Langsung

OpenAI mendapatkan banyak eksposur dari perangkat Apple, yang nilai keuntungannya bisa dianggap lebih berharga dibandingkan uang. Selain itu, Apple juga sedang berdiskusi dengan Anthropic dan Google untuk mengimplementasikan chatbot mereka masing-masing ke dalam sistem operasi Apple. Tujuan akhirnya adalah menawarkan berbagai layanan AI yang lebih luas untuk pengguna, mirip dengan opsi web browser dan mesin pencari. Hal ini memperkuat laporan sebelumnya yang menyebutkan bahwa Apple tidak hanya bergantung pada satu mitra saja.


Dampak Terhadap Pendapatan Apple

Menggunakan AI daripada melakukan pencarian sederhana di Google bisa berdampak negatif pada hasil keuangan Apple dalam jangka panjang. Google membayar sejumlah besar uang untuk menjadi penyedia pencarian default di perangkat Apple, jadi jika hal ini berakhir, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu harus mencari cara lain untuk memonetisasi layanannya.


Salah satu caranya adalah dengan membagi pendapatan dengan perusahaan AI yang terlibat. Misalnya, OpenAI dapat memonetisasi hasil dari chatbot yang terintegrasi di perangkat iOS, iPadOS, dan macOS, yang kemudian dapat menghasilkan potongan pendapatan bagi Apple.


Apa yang Menarik dari Kolaborasi Ini?

Kolaborasi ini menunjukkan betapa seriusnya Apple dalam mengintegrasikan teknologi AI canggih ke dalam ekosistemnya. Pengguna bisa mengharapkan pengalaman yang lebih canggih dan intuitif dengan adanya ChatGPT-4o. Selain itu, diversifikasi mitra AI Apple juga menjanjikan variasi dan kualitas layanan yang lebih baik, menghindari ketergantungan pada satu teknologi atau penyedia.


Dengan demikian, Apple berupaya untuk tetap berada di garis depan inovasi teknologi, memastikan penggunanya mendapatkan pengalaman terbaik dari kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak mereka.


Sumber

Muhamad Arip

Superhero-mu | follow @aripcage

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda!