Micron UFS 4.0 Vs Samsung UFS 4.0: Duel Sengit Dalam Persaingan Chip Memori Smartphone!



     Dormatekno.com - Micron telah mengumumkan solusi penyimpanan mobile UFS 4.0 dan mengungkapkan bahwa mereka sudah mengirimkan sampel kualifikasi kepada "beberapa produsen smartphone global dan vendor chipset terpilih".


Teknologi baru ini akan digunakan untuk memproduksi penyimpanan dengan kapasitas 256GB, 512GB, dan 1TB. Produksi massal akan dimulai pada paruh kedua tahun ini, jadi masih perlu waktu sebelum ponsel pertama dengan penyimpanan Micron UFS 4.0 tersedia.




Penyimpanan ini menggunakan flash TLC (triple-level cells) 232-layer, yang artinya dapat menyimpan 3 bit per sel. Menurut Micron, arsitektur six-plane NAND yang digunakan memungkinkan throughput baca acak yang lebih tinggi. Bandwidth tulis penyimpanan ini meningkat 100% dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sedangkan bandwidth baca meningkat 75%.


Secara spesifik, penyimpanan UFS 4.0 Micron menawarkan kecepatan baca berurutan hingga 4.300Mbps dan kecepatan tulis berurutan hingga 4.000Mbps. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan UFS 4.0 milik Samsung, terutama dalam hal penilaian tulis.




Selain itu, chip UFS 4.0 baru ini lebih efisien dalam penggunaan daya, dengan peningkatan efisiensi sebesar 25%, dan menjanjikan latensi tulis yang lebih rendah hingga 10%.


Dengan adanya solusi penyimpanan UFS 4.0 dari Micron ini, diharapkan akan ada peningkatan signifikan dalam performa dan efisiensi penyimpanan pada ponsel pintar di masa depan.


Sumber

Muhamad Arip

Superhero-mu | follow @aripcage

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda!