MediaTek dan Nvidia Bersatu untuk Membangun Chipset Seluler dengan GPU GeForce: Penyematan Daya Gaming dan Kecerdasan Buatan



    Dormatekno.com - Dilaporkan bahwa Nvidia dan MediaTek sedang bekerja sama untuk mengembangkan chipset seluler dengan GPU GeForce untuk perangkat Windows on ARM. MediaTek saat ini menghasilkan chipset untuk Chromebook kelas pemula dan memiliki pangsa pasar sekitar 20%. Dengan penambahan GPU Nvidia yang kuat, MediaTek bertujuan untuk masuk ke segmen laptop kelas atas.


Nvidia memiliki desain berbasis ARM sendiri, seperti chip Tegra yang digunakan pada Nintendo Switch, meskipun sudah agak ketinggalan zaman. Nvidia Shield juga merupakan produk serupa, tetapi sudah usang. Perusahaan ini juga membuat papan ARM dengan GPU GeForce, yang utamanya digunakan untuk tugas pembelajaran mesin, seperti Jetson Orin NX dengan GPU Ampere yang memiliki 1.024 core dan 32 core Tensor, CPU Cortex-A78AE 8 core, RAM 16GB, dan daya 10-25W.



Produk-produk ini tidak sepenuhnya kompatibel dengan Android atau ChromeOS (meskipun ada versi LineageOS yang berfungsi, tidak ada dukungan resmi dari Nvidia), namun hal ini dapat diperbaiki dengan keahlian MediaTek.


Penambahan GPU GeForce akan meningkatkan kemampuan gaming dari chipset MediaTek yang saat ini menggunakan desain GPU ARM. Selain itu, chipset ini juga akan memiliki kemampuan AI terkemuka dari Nvidia. Hal ini dapat menjadi tantangan menarik bagi laptop berbasis seri M Apple.


Belum jelas apakah chipset MediaTek/Nvidia ini akan ditujukan hanya untuk laptop Windows atau apakah mereka juga akan memiliki versi daya rendah untuk smartphone. Namun, dapat dipastikan bahwa Samsung dan AMD sedang memperhatikan kolaborasi ini.


Sumber

Muhamad Arip

Superhero-mu | follow @aripcage

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda!