-->

Google Bikin Prosessor Sendiri Di Google Pixel 6

Post a Comment

 


    Dormatekno.com - Google pada hari kemarin memperlihatkan penampakan awal smartphone flagship mereka yaitu Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Fitur terpenting dari ponsel ini adalah SoC/chip kustom baru, beserta sistem dan desain kamera baru.


Google telah merancang dan mengumumkan SoC buatan mereka sendiri, Google Tensor. Ini adalah chip yang dirancang khusus oleh Google, yang berarti meskipun kemungkinan diproduksi oleh pihak ketiga, desain chip ini dibuat sendiri oleh Google. Ini mirip seperti konsep prosesor A-series yang dimiliki Apple di iPhone-nya.

Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan jadi yang pertama menggunakan SoC Tensor buatan Google ini. Sejauh ini belum ada konfirmasi spesifikasi SoC Tensor pada seri Pixel 6. Belum jelas juga siapa yang akan memproduksinya untuk Google, meskipun rumor sebelumnya menunjuk ke Samsung.

Google mengklaim akan menjadikan Pixel 6 sebagai ponsel Pixel tercepat, terpintar, dan paling aman. Salah satu fitur menonjol dari chip ini adalah kemampuan AI dan Machine Learning-nya, yang tampaknya akan melebihi apa pun yang dimiliki Google sebelumnya di ponselnya. Faktanya, menurut Google, hal tersebut adalah alasan utama perusahaan mereka berinvestasi dalam merancang chipnya sendiri, sehingga dapat mengimplementasikan fitur AI dan ML dengan cara yang tidak dapat dilakukan dengan hardware yang tersedia saat ini.

Beberapa fitur pintar ini akan digunakan pada sistem kamera baru di kedua ponsel ini. Kedua ponsel memiliki kamera lebar dan ultra lebar yang sama tetapi Pixel 6 Pro juga akan memiliki telefoto 4x. Tidak ada spesifikasi lengkap yang tersedia untuk ini saat ini.

Google juga tampaknya telah meningkatkan perekaman videonya dengan ini. Kabar sebelumnya menunjukkan bahwa Pixel 6 merekam video dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik daripada iPhone 12 Pro Max.

Kedua ponsel juga memiliki tampilan yang diperbarui. Pixel 6 akan memiliki panel layar datar 90Hz sedangkan Pixel 6 Pro akan memiliki layar melengkung 120Hz. Keduanya akan memiliki kamera punch hole tunggal di bagian atas.

Desainnya juga cukup khas tahun ini. Pixel 6 memiliki bingkai logam matte dengan kaca di bagian belakang. Pixel 6 Pro memiliki bingkai logam mengkilap dan kaca di bagian belakang. Kedua ponsel memiliki bilah kamera yang terlihat cukup retro di bagian belakang yang mengingatkan ponsel lama Nexus 6P. Kedua ponsel akan hadir dalam tiga warna, dan beberapa di antaranya memiliki tampilan dua tone warna. Semua varian akan memiliki mengadopsi OS Android 12 pra-instal.

Cukup banyak informasi yang kita ketahui tentang Google Pixel 6 series ini sejauh ini. Kedua ponsel akan dirilis pada akhir tahun ini di musim gugur, yang seharusnya sekitar bulan Oktober.

Muhamad Arip
Superhero-mu | follow @aripcage
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter