Bersama Samsung, Xiaomi Kembangkan SoC Terbaru Berbasis ARM Cortex X2


  Dormatekno.com - Xiaomi dan Samsung rupanya telah bermitra untuk memproduksi SoC khusus terbaru. Kedua perusahaan dilaporkan telah mengadakan lima pertemuan sejauh ini mengenai pengembangan SoC berbasis core ARM Cortex X2. 
Menurut CLIEN.NET (Via NotebookCheck), ARM belum mengumumkan Cortex X2, meskipun arsitektur terbaru itu diharapkan akan diluncurkan akhir tahun ini.

Mirip dengan kemitraan antara raksasa teknologi Cina dan Korea Selatan di atas, Qualcomm juga diharapkan mengadopsi arsitektur v9 baru tersebut untuk SoC andalannya yang akan datang. Bahkan Samsung kemungkinan akan menggunakan inti baru untuk prosesor berbasis Exynos.

Lebih lanjut, laporan tersebut juga menambahkan bahwa Xiaomi juga akan berusaha untuk terus menggunakan GPU ARM Mali dibandingkan penawaran gabungan Samsung dan AMD, karena terbatasnya unit yang mungkin tersedia.

Belakangan ini, banyak perusahaan beralih ke chipset khusus di pasar smartphone Android. Setelah sebelumnya Apple telah mengalihkan seri Mac dari PC ke SoC khusus, kini Google dilaporkan sedang mengerjakan SoC 'Whitechapel' khusus untuk seri Pixel 6 yang akan datang, yang diharapkan akan diluncurkan pada Musim Gugur tahun ini.

Walau hal ini belum ada konfirmasi resmi namun ini bisa jadi adalah salah satu upaya Xiaomi yang sebelumnya ingin mengembangkan chip berbasis silikon khusus. Jadi pantau terus untuk lebih lanjut, karena kami akan memberikan pembaruan saat informasi tambahan tersedia.


Muhamad Arip

Superhero-mu | follow @aripcage

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda!