-->

Saingi TikTok, Instagram Luncurkan Fitur Reels

Post a Comment

    Dormatekno.com - Ancaman Presiden AS Donald Trump soal pelarangan TikTok telah menjadi pemberitaan yang cukup lama dan hal itu menjadi salah satu faktor atas upaya Microsoft untuk mengakuisisi bisnis raksasa media sosial itu di AS. Sementara kesepakatan belum tercapai, Instagram merespon cepat dengan meluncurkan platform berbagi videonya sendiri bernama Reels yang bertujuan untuk mengambil alih fungsi TikTok.

Platform ini pertama kali diluncurkan Brasil dua bulan lalu. Tetapi sekarang, Instagram telah mengumumkan bahwa platform tersebut akan tersedia di aplikasi mereka. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengedit video multi-klip berdurasi 15 detik dengan audio, efek, dan alat kreatif yang baru. Menurut Instagram, fitur tersebut akan tersedia di 50 negara.

Instagram Reels akan jadi fitur baru yang terletak di Instagram Camera, pada tombol di sudut kiri atas. Tampilan antar mukanya akan diubah dengan beberapa tambahan seperti alat untuk mengedit, termasuk penambahan Audio, Efek AR, Timer dan Hitung Mundur.

Pengguna dapat berbagi Reels dengan cara yang sama seperti mereka berbagi Video live atau postingan feed biasa dan nantinya ada tab khusus yang terletak di profil sebagai tempat video Reels. Orang lain bisa melihat isi tab tersebut kecuali kamu melakukan pengaturan privasi agar selain followermu tidak bisa melihatnya.

Ada juga opsi untuk menyimpan reel sebagai draf sebelum diterbitkan. Gambar sampul juga dapat diubah dan bisa dipreview sebelum memposting video. Selanjutnya postingan Reels ini akan muncul di antara postingan feeds atau di tab Discover. Instagram juga menandai beberapa sebagai post "Unggulan" yang bertujuan untuk "membantu pengguna menemukan konten asli yang akan menghibur dan menginspirasi".

Sampai sekarang, Instagram belum merilis daftar negara-negara di mana Reels akan tersedia tetapi Brasil dipastikan jadi salah satunya, di mana Reels diuji sebelumnya. Fitur ini juga telah diluncurkan di Amerika Serikat, Inggris Raya, India, Jepang, Australia, Prancis, dan Jerman.

Ada yang udah pernah cobain fitur ini? Coba share pengalaman kalian.

Muhamad Arip
Superhero-mu | follow @aripcage

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter