Google Resmi Rilis Pixel 3 dan Pixel 3 XL Dengan Spesifikasi dan Harga Seperti Ini


    Dormatekno.com - Pixel 3 dan Pixel 3 XL secara resmi diluncurkan pada acara hari ini di Amerika Serikat, peluncuran ini mengkonfirmasi bebrapa hal yang sudah diketahui tentang kedua ponsel berdasarkan leaks yang belakangan ini beredar dan juga mengungkapkan beberapa detail baru.

Di segi desain mugkin sekilas kalian dapat mengatakan Pixel 3 dan Pixel 3 XL tidak benar-benar berubah dalam hal desain keseluruhan, namun sebenarnya ada beberapa perubahan besar.

Di sisi depan, kedua ponsel memiliki layar yang lebih besar. Pixel 3 sekarang memiliki layar 18: 9 tetapi mempertahankan ukuran body yang sama dengan pendahulunya sementara Pixel 3 XL lebih besar 0,3 inci dan memiliki sebuah poni atau notch di jidatnya lalu ada juga stereo speaker menghadap ke depan dan kamera depan ekstra pada kedua perangkat.

Di bagian belakang, Pixel 3 dan Pixel 3 XL ditutupi seluruhnya oleh material kaca. Google mengatakan perubahan material dari metal ke kaca ini membuat Google memungkinkan menyertakan dukungan untuk wireless charging.

Di sektor display Pixel 3 memiliki layar 5,5 inci beresolusi 1080 x 2160p, aspek rasio 18: 9, rasio screen-to-body 77.2%, memiliki kerapatan piksel sampai 443ppi, dengan panel layar bertipe P-OLED.


Buat kalian yang masih merasa asing dengan panel layar tersebut, begini penjelasan simple-nya. P-OLED adalah salah satu jenis panel OLED yang menggunakan substrat plastik ketimbang menggunakan substrat kaca yang digunakan pada panel AMOLED.

Tujuanya adalah untuk memenuhi kebutuhan desain dari berbagai macam vendor smartphone yang beraneka bentuk karena panel P-OLED ini lebih mudah untuk di bentuk sesuai kebutuhan. Tapi catat, walaupun mudah dibentuk bukan berarti panel layarnya fleksibel sehingga bisa ditekuk sedemikian rupa.

Panel layar tersebut mendukung kemampuan Always-on display, 100% DCI-P3 coverage, HDR, dan Mode Boosted yang menambahkan 10% lebih banyak warna sRGB.

Di sisi lain Pixel 3 XL memiliki spesifikasi layar yang hampir sama dengan ukuran 6,3 inci beresolusi1440 x 2960p dengan notch dijidatnya. Aspek rasionya sendiri adalah 18,5: 9, sementara rasio screen-to-body nya ~82.8%, dan kepadatan pikselnya sampai 523ppi.

Untuk proteksi bagian depan dan belakang Pixel 3 dan Pixel 3 XL dilindungi oleh kaca Corning Gorilla Glass 5, kedua ponsel mempunyai warna dengan nama - nama yang unik seperti Not Pink, Just Black, dan Clearly White.


Kedua ponsel tersebut sekarang memiliki sertifikasi IP68 yang artinya bisa digunakan untuk menyelam dengan kedalaman 1,5m sampai 30 menit dimana sebelumnya hanya IP67 saja.

Lalu ada port USB type C untuk mengisi daya dan masih tidak ada jack audio 3.5mm. Namun, Google akan mengirimkan setiap ponsel dengan sepasang earphone Pixel Buds dengan konektor USB type C yang mendukung terjemahan real-time, integrasi Asisten Google, dan bahkan dapat membaca pesan dan menulis balasannya. Dan ada juga adaptor port USB type C ke 3.5mm yang mengkonsumsi lebih sedikit daya.

Untuk urusan performa kedua smartphone ini didukung oleh chipset Snapdragon 845 10nm namun clockpeednya dibatasi maksimal di 2.5GHz, yang biasanya pada vendor ponsel lain memiliki clockspeed maksimal sampai 2.7GHz atau bahkan 2.96GHz, Google mengatakan ini untuk menghemat daya baterai. Chipset tersebut memiliki 8 inti dengan GPU berjenis Adreno 630.


Pixel 3 dan kakaknya juga memiliki chip keamanan khusus bernama Titan M, untuk menjaga keamanan OS dan kata sandi pengguna.

Baca juga: Snapdragon 660 Lenovo S5 Pro Terungkap Dalam Daftar Geekbench dan Daftar TENAA.

RAM-nya tetap 4GB seperti versi sebelumnya, namun Google menegaskan bahwa tidak perlu lebih dari 4 GB RAM untuk menjalankan OS pure Android secara optimal. Untuk urusan storage pun demikian, disaat flagship vendor lain sudah mendukung kapasitas sampai 256GB kalian hanya dapat memilih ukuran 64GB atau 128GB tanpa dukungan untuk ekspansi penyimpanan.

Pixel 3 memiliki baterai 2.915mAh dan Pixel 3 XL memiliki baterai 3.450mAh yang tentunya mendukung Fast battery charging 9V/2A 18W.

Beralih ke sektor kamera, sebelumnya Pixel 2 dan Pixel 2 XL adalah ponsel dengan kamera terbaik hingga Huawei P20 Pro mengambil tahta dari mereka tahun ini. Sekarang Google dengan Pixel 3 dan Pixel 3 XL akan mencoba mengambil tahta mereka yang hilang dari Huawei, Jika Huawei P20 Pro memiliki 3 buah kamera utama maka Duo Pixel 3 memiliki satu kamera utama.

Google masih setia dengan sebuah sensor kamera di belakang, Google tidak hanya mempertahankan jumlah sensor yang sama seperti model tahun lalu, tetapi mereka tetap berpegang pada tradisi menyediakan kinerja kamera yang sama pada setiap model.

Dengan kata lain Google lebih mempercayai chip Pixel Visual Core dan algoritma software untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal dibanding mengikuti gimmick dual kamera dan seterusnya, teknologi komputasi fotografi Pixel 3 di klaim akan mampu bersaing dengan dual/tripel kamera utama pada ponsel - ponsel pesaing. Chip Pixel Visual Core tersebut yang bertanggung jawab menangani dan mengolah gambar dari setiap jepretan kamera Duo Pixel 3.


Kamera belakangnya bersensor 12.2 MP 1/2.55 inci dengan aperture f / 1.8 dan ukuran piksel 1,4mikron. kamera tersebut memiliki focal lenght 28mm wide angle dan mendukung fitur Optical Image Stabilizer serta dual pixel PDAF.

Untuk kebutuhan perekaman video didukung oleh fitur Electronic Image Stablizer berbasis gyro untuk merekam video FullHD pada 30fps. Kamera tersebut mendukung fitur Google lens dimana kita bisa mendapatkan informasi mengenai objek didepan kita dengan cara memotretnya.

Nah ada peningkatan jumlah sensor pada kamera depan dengan jumlah sensor sebanyak 2 buah. Masing masing resolusinya adalah 8MP, sensor utamanya memiliki aperture f/1.8 dengan focal lenght 28mm. Sensor selanjutnya memiliki f/2.2 dengan sudut-lebar 97° karena memiliki focal lenght 19mm.

Ada banyak fitur kamera baru seperti Top Shot, yaitu sistem AI yang mengambil banyak gambar dan memilih mana yang terbaik saat semua orang berada pada posisi terbaiknya seperti saat mata terbuka, tersenyum dlsb.

Ada juga Super Res Zoom yang memungkinkan Anda memperbesar objek tanpa kehilangan detail dan Night Sight yang memungkinkan kalian mengambil foto malam yang bersih tanpa perlu bantuan LED flash.

Untuk soal harganya, masing masing varian dibanderol dengan harga sebagai berikut:

Pixel 3
64GB $ 799 / € 849 Rp 12,1jt
128GB $ 899 / € 949 Rp 13,7jt

Pixel 3 XL
64GB $ 899 / € 949 Rp 13,7jt
128GB $ 999 / € 1049 Rp 15,2jt

Duo Pixel 3 akan dijual di AS, Kanada, dan Inggris untuk selanjutnya menyusul ke negara negara lainya.

Muhamad Arip

Superhero-mu | follow @aripcage

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda!